gravatar

Bagaimana Mengatasi Blackberry yang Mulai Lemot

blackberry
Ikuti Jurus-Jurus Sederhana nan Sakti Berikut ini!

Blackberry kamu mulai lemot?

Blackberry kamu mulai lambat loading aplikasi facebook?

BBM-an tidak selancar dulu waktu Blackberry kamu masih baru?

Oke oke oke, saya mengerti masalah kamu. Masalah Blackberry lemot memang sudah menjadi masalah banyak orang.  Walaupun saya bukan ahli masalah Blackberry tapi izinkan saya membagi sedikit jurus-jurus sederhana anti Blackberry lemot yang saya tau.

Kebanyakan orang ketika menghadapi masalah Blackberry lemot seperti ini langsung buru-buru ngacir ke toko hape untuk minta Blackberry-nya di-service. Padahal kalo kamu tau caranya, kamu bisa mengatasi masalah Blackberry lemot tanpa bantuan teknisi toko hape. Caranya simpel saja. Saya akan jelaskan dalam beberapa detik lagi.

Perhatian : bukannya saya cari perhatian, tapi ini benar-benar perlu diperhatikan. Bahwasanya kelalaian kamu dalam menerapkan langkah demi langkah dari jurus-jurus di bawah ini adalah kesalahan kamu sendiri. Makanya perhatikan langkah-langkahnya dengan cermat, jangan terburu nafsu. Sesungguhnya nafsu bisa dilawan dengan akal dan pikiran, demikian kata Bang Rhoma.

Baiklah, kita mulai acara jurus-menjurus ini. Siaaap?

JURUS 1

AKTIFKAN FITUR CONTENT COMPRESSION

Fitur Content Compression bekerja untuk mengecilkan segala file yang bisa dikecilkan ukurannya untuk menghemat kapasitas memory Blackberry kamu.

Caranya :

options –> security options –> general setting –> pilih “enable” pada Content Compression

JURUS 2

HAPUS APLIKASI YANG TIDAK DIPAKE

Coba cek aplikasi apa saja yang sudah tidak kamu pake lagi. Kadang kita menginstal aplikasi karena penasaran sama judulnya yang kedengaran keren tapi ternyata tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan kita. Nah aplikasi-aplikasi seperti itu kadang lupa kita enyahkan dari Blackberry kita tercinta!

Caranya :

options –> advanced options –> applications –> arahkan track ke aplikasi yang mau dihapus –> tekan menu –> pilih delete

image

Catatan : Di menu aplikasi ini kamu juga bisa menghapus :

- Game-game yang sudah tidak pernah kamu mainkan.

- Aplikasi bantuan huruf (font support) bahasa Jepang, Cina dan Korea kalo memang kamu tidak butuh aplikasi bahasa-bahasa itu.

- Aplikasi Help. Kalo kamu sudah pake Blackberry dalam waktu lama dan sudah ngerti pake Blackberry gimana caranya, kamu bisa hapus saja aplikasi Help ini.

JURUS 3

BERSIHKAN BROWSER

Browser bisa lemot kalo nda dibersihkan secara berkala. Tapi jangan pernah sekali-kali kamu membersihkannya dengan menggunakan air sabun. Tolong jangan separah itu dong menanggapi era teknologi. Yang dibersihkan cuma : browser cache.

So, “Apa itu browser cache?”, tanya Budi.

Setiap kamu buka situs lewat browser, otomatis Mas Browser ini akan mengingat kamu pernah ke situs ini, situs itu, login sana, login sini dan sebagainya. Dia mengingat itu semua supaya dia bisa lebih cepat loading kalo besok-besok kamu masuk ke situs yang sama. Ingatannya itu yang disebut cache.

Nah, lama kelamaan saking terlalu banyak yang mesti dia ingat, Mas Browser ini jadi suka bingung sendiri. Lama-lama makin lemot bin pikun. Ini terjadi karena kamu tidak pernah membersihkan memori/ingatan si Mas Browser yang nda jelas asalnya apakah dari jawa tengah atau jawa timur ini…

Mari bantu si Mas Browser supaya lebih cepat dan tanggap.

Caranya :

masuk ke browser –> tekan menu –> options –> cache operations –> hajar semua!!!

image

Hajar semua itu maksud saya pilih “clear” untuk semua : history, content cache, pushed content dan cookie cache.

Membersihkan browser cache ini bisa kamu lakukan paling sedikit seminggu sekali. Atau bisa juga beberapa kali dalam  sehari, kalo kamu memang kurang kerjaan!

JURUS 4

HAPUS SEMUA LAGU, FOTO DAN VIDEO YANG TIDAK PERLU

Ini sudah jelas sekali. Untuk apa kamu simpan foto mantan pacar kamu di Blackberry? Selain tentunya akan memakan memori Blackberry, juga akan memancing memori indah yang telah usai. Halah..

Kalo misalnya ada lagu, foto atau video yang nda penting tapi masuk kategori “dibuang sayang”, maka sebaiknya kamu pindahkan saja ke komputer atau laptop. Gampang kan?

JURUS 5

HAPUS THEME YANG TIDAK DIPAKE

Ini juga salah satu yang sering dilupakan banyak orang. Mereka senang mencoba beberapa themes, tapi setelah itu theme-theme yang nda dipake dibiarkan saja nangkring di Blackberry. Jangan biarkan ini terjadi, kawan. Musnahkanlah! Hancurkan!

Caranya : options –> theme –> arahkan track ke theme yang tidak dipake –> tekan menu –> delete

atau bisa juga :

options –> applications –> cari nama theme yang nda dipake –> tekan menu –> delete

Maka musnahlah sudah theme tak berguna itu… Untuk selamanya…

JURUS 6

JURUS ANTI LEMOT PALING SAKTI : FITUR MEMORY CLEANING

Setiap perangkat Blackberry dilengkapi dengan kemampuan mengingat (memori). Berbeda dengan memorinya Mas Browser tadi yang cuma sebatas di browser saja, kali ini kita bicara tentang memori Blackberry dengan cakupan yang lebih sistemik.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah sebelumnya, adalah akan sangat mantap sekali bila kamu mengakhirinya dengan sebuah proses yang namanya memory cleaning. Proses ini tidak pake aplikasi, pihak  RIM sebagai pembuat Blackberry memang sudah membenamkan fitur ini ke dalam samudera sistem bahtera Blackberry kita. Tinggal menunggu kita untuk bangkit dan mengarunginya demi merengkuh kebahagiaan abadi bersama fitur ini…

Sori, saya kalo baru bangun memang suka agak over acting…

Caranya :

options –> security options –> advanced security options –> memory cleaning

Nah di halaman ini ada beberapa pilihan :

image

Status : atur ke “enable”

Clean when hosltered : tunggu, saya jelaskan dulu. Kamu tau holster, kan? Aaaah, nda usah malu-malu kalo tidak tau, saya juga dulu waktu pertama kali pake Blackberry juga SUDAH tau kok… Holster itu adalah sarung kulit buat Blackberry yang original yang ikut dalam paket penjualan tiap Blackberry. Kamu punya kan? Iyalah, tiap Blackberry memang ada holster-nya tapi jarang orang yang pake karena alasan holster kurang modis.

Padahal sebenarnya holster original itu bukan sekedar “Sarung Hape Tanpa Gaya”. Dia memang sudah dirancang oleh RIM selain untuk menghemat daya batre (Blackberry akan beralih ke mode stand by setiap kali dimasukkan ke dalam holster) tapi holster ini juga diciptakan untuk bersinergi dengan fitur-fitur tertentu misalnya ya fitur memory cleaning yang sedang kita bicarakan ini.

Nah lewat pilihan Clean When Holstered ini, Blackberry bertanya ke kamu, “Apakah Anda mau memory Blackberry Anda dibersihkan tiap saat Blackberry Anda dimasukkan ke holster atau ketika sedang berada dalam holster?”

Nah, kalo kamu setuju dengan penawaran itu, maka aturlah “YES” di pilihan ini.

Clean When Idle : plih yes kalo kamu setuju memory hape kamu dibersihkan walau Blackberry kamu dalam keadaan idle. Idle itu maksudnya Blackberry nya lagi nda dipake alias anteng-anteng aja.

Idle timeout : Ini pengaturan tiap berapa menit kamu mau memory kamu dibersihkan dalam keadaan idle tadi. Silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhan. Kalo Blackberry saya sendiri saya set ke 15 menit.

Ada beberapa pilihan lainnya tapi tidak usah diubah.

Akhirnya, saya mau mengucapkan selamat! Sekarang Blackberry kamu sudah dalam keadaan lebih bersih, lebih ringan, lebih sakti dan makin dahsyat!!!

Apahhhh?? Masih lemot jugahhh???

Tenang, Ndro. Kalo blackberry kamu masih lemot juga, artinya Blackberry kamu sudah cukup parah kasusnya. Kamu butuh meng-upgrade OS Blackberry kamu di toko hape yang melayani upgrade OS Blackberry. Biayanya bervariasi tergantung kelicikan si pemilik toko hape. Karena sebenarnya proses upgrading OS ini cukup simpel dan teramat sangat bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tentunya asal kamu tau caranya.

Sumber : http://www.elvinmiradi.com/bagaimana-mengatasi-blackberry-yang-mulai-lemot/index.html

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share